Hari ke 3 Ramadhan – Syekh Mahmud Kholil Al-Hushari

MENGENAL ULAMA QURAN
🌹🌹🌻🌹🌻🌹🌻🌹🌻🌹

Syekh Mahmud Kholil Al-Hushari

Tahukah Anda?
Hampir di setiap masjid ketika menjelang shalat, khususnya maghrib dan shubuh, biasanya memperdengarkan bacaan-bacaan murottal dan pada saat shubuh ada tambahan bacaan Tarhim sebagai penutupnya.

Mungkin tidak banyak orang tahu suara siapakah yang melantunkanya. Beliau adalah Syekh Mahmud Kholil Al-Hushori, Syekh Maqari’ Mesir pada zamannya.

Dulu ketika kami ingin mendengarkan contoh-contoh bacaan quran yg baik, para guru kami rata-rata menganjurkan dan merekomendasikan untuk mendengarkan Murottalnya Syekh Mahmud Hushori.

Sampai dalam benak kami bertanya-tanya :

  1. Apakah anjuran itu dikarenakan dijaman guru-guru kami belum ada bacaan murottal selain Murottalnya Syekh Hushori?
  2. Apa kelebih Murottal Syekh Hushori dengan murottal yang lain? Ternyata setelah kami meneliti dan mengali informasi, akhirnya kami menemukan fakta-fakta yang luar biasa tentang mutottal beliau diantaranya :
  3. Bacaan beliau sebelum direkam ternyata ditashih terlebih dahulu oleh dewan khusus yang terdiri dr ahli quran ternama.
    Sehingga tidak heran tempo tahqiq, Tadwir dan Hadrnya selaras dan stabil, ada yang mengatakan bacaan beliau ditashih oleh dewan sampai 11 kali baru masuk studio rekaman.
  4. Selain rapi dan stabil, bacaan beliau juga jelas baik secara Makhroj Shifat, Harokat dan Ahkamul Hurufnya.

Adapun jika ditulis faktor kemasyhuran murottal beliau sebagai berikut :
1. Bacaan beliau adalah bacaan Quran yang lertama kali direkam lengkap 30 Juz, secara sistematik dan apik bertajwid jelas 2. Murottal beliau diterima umat dengan baik dan menjadi rujukan umat seluruh dunia islam. 3. Berkat anugrah Allah murottal tersebut qobul dan manfaat sehingga menyebar ke seluruh dunia 4. Murottal beliau mengalami proses editing secara profesional. Sehingga menjadi menjadi brand tersendiri yang tak tergantikan. Dan sesuatu jika sudah punya brand, nama baik, dan punya pengikut, dijamin sulit tergantikan dan selalu dikenang.

NB
Saat ini banyak sekali rekaman Murottal tersebar dimana-mana, dan rata-rata belum teruji kualitasnya, bahkan kadang hanya ingin exis di medsoa dan dapat like banyak. Maka sebagai pembaca quran yang baik Selektiflah dalam memilih rekaman Murottal, jangan hanya karena iramanya mendayu-dayu dan suara qori’nya merdu, kemudian kita melupakan yang inti dari sebuah murottal yakni Tajwid dan Tartil yg baik.

(Imam Safi’i)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top